Pengertian Tepung Maizena Serta Penggunaannya


Maizena atau tepung maizena (corn starch) atau sebutan populernya tepung pati jagung adalah pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung . Kata "maizena" sendiri awalnya adalah brand atau merk dari suatu produk tepung jagung yang ada di Meksiko. Tepung jagung merupakan bahan makanan populer yang biasa digunakan sebagai bahan pengental sup atau saus atau vla untuk puding, dan digunakan untuk membuat sirup jagung dan pemanis lainnya. Tepung maizena juga sering digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue kering dan gorengan. Itu karena tepung maizena dapat memberikan efek renyah pada gorengan dan kue kering. Tapi, penggunaannya tidak boleh terlalu banyak, karena penggunaan yang berlebihan justru akan membuat kue lebih cepat basi dan berjamur.  


Tekstur tepung maizena halus dan lembut seperti tepung terigu, namun warnanya lebih pucat dan keruh daripada tepung terigu. Di Indonesia ada beberapa macam merk tepung maizena yang terkenal, diantaranya Maizenaku.

Karena terbuat dari jagung, maka tepung maizena adalah jenis tepung yang bebas gluten. Dan beberapa kandungan gizi dari maizena di antaranya adalah karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi. Maizena juga cenderung tidak mengandung lemak, sangat baik untuk diet



Post a Comment

Previous Post Next Post