Kastrol Panci Tradisional Masak Nasi Liwet alias Ngaliwet asal Jawa Barat





Zaman sekarang alias zaman now, makan bancakan dengan nasi liwet sedang tren di semua kalangan. Terutama, ibu-bu arisan yang menginginkan keakraban serta kenikmatan dalam bersantap. Pastinya seru makan rame-rame dengan hamparan daun pisang sambil bersendagurau bercengkerama dan merasakan sensasi makan yang tidak biasanya.

Budaya makan bancakan ini adalah dari adat Sunda biasa disebut Ngaliwet. Asal muasalnya kenapa makan pakai daun pisang adalah agar hemat tidak memakai peranti apapun, juga makan akan terasa nikmat jika wangi daun pisang semerbak bercampur dengan nasi liwet bersama lauknya. Serta akan bebas mencuci piring dan sebagainya.

Tapi, apakah sahabat Rinibaking tahu bagaimana cara membuat nasi liwet atau bubur menjadi lebih enak?

Di Jawa Barat tempo dulu, biasa menanak nasi untuk memasak nasi liwet menggunakan kastrol.

Kastrol ini terbuat dari bahan alumunium yang tebal dilengkapi dengan handle pegangan untuk memudahkan penggunaannya. Sangat unik dan menarik bukan ?

Yuk kita simak cara memasak nasi liwet ini dengan panci tradisional dari Jawa Barat yang bernama kastrol agar nasi yang di masak tidak cepat berkerak.

Siapkan beras secukupnya, lalu campurkan bumbu nasi liwetnya, Lalu, masukkan beras beserta bumbunya, air, serta ikan asin yang telah dicuci sebelumnya, lalu masak dengan api besar selama 15 menit dan 5 menit dengan api kecil. Selesai dan Anda bisa memasak nasi liwet secepat kilat hanya 20 menit, malah lebih cepat dibandingkan masak di penanak nasi listrik lho.

Selamat mencoba.

Mau tahu cara gimana dapetin kastrolnya klik link ini saja yaa :  bit.ly/kastrol

Resep Nasi Liwet Sunda akan Rinibaking share di timeline berikutnya ya.

Salam.
www.rinibaking.com



CATATAN :

Link Resepnya ada dibawah ini :





Post a Comment

Previous Post Next Post